banner 468x60

Ilmuwan China Tempatkan Elektroda Ke Otak Pecandu Narkoba

banner 160x600
banner 468x60

 

KABAR21NEWS -Ilmuwan Cina telah memulai uji klinis pertama bidang stimulasi otak dalam (DBS) untuk pecandu narkoba, pelaksanaan metode ini dengan pengeboran dua lubang ke tengkorak pasien, setelah dibor akan ditempatkan elektroda ke otak mereka untuk kemudian distimulasi secara elektronik oleh perangkat genggam semacam remot.

Namun, bagaimanapun juga ini adalah pertama kalinya dalam sejarah DBS dipraktikkan untuk mengatasi kecanduan, Uji coba pertama berfokus pada kecanduan metamfetamin dan sedang dilakukan di Rumah Sakit Ruijin Shanghai, China.

Dilansir dari All That's Interesting, Jumat (10/5/2019), teknologi baru ini telah digunakan untuk mengatasi gangguan seperti penyakit Parkinson.

Menurut database US National Institutes of Health, hanya ada delapan uji coba DBS klinis yang terdaftar untuk kecanduan narkoba.

Pasien pertama di bawah bor ini adalah pecandu metamfetamin yang diketahui bernama Yan.

Yan sudah menjadi pecandu sejak tahun 2011 dan menghabiskan banyak uang untuk kecanduannya. "Tekadku lemah," kata Yan mengomentari perjuangannya atas kecanduan.

Oleh karena itu, Yan tidak keberatan untuk menjalani operasi mengerikan yang mengharuskan Dr. Li Dianyou untuk mengebor tengkoraknya.

Secara keseluruhan, prosedur ini mirip dengan adegan-adegan dalam cyberpunk imajinatif dan cerita-cerita fiksi ilmiah.

Namun, risiko yang ditimbulkannya sangat nyata.

Uji klinis pertama ini dilakukan di Rumah Sakit Ruijin di Shanghai.

Seorang pasien dapat meninggal karena pendarahan otak, kejang, terkena infeksi, atau keluar dari rumah sakit dan menjadi orang dengan kepribadian yang beda sama sekali.

Yan, bagaimanapun, mengatakan bahwa dirinya bahagia saat baterai mengisi daya elektroda-otak barunya yang dimasukkan lewat jalan bor.

Li bisa mmbuat Yan merasa gelisah atau ceria dengan layar sentuh sederhana.

Undang-undang anti-narkoba China yang ketat telah memaksa banyak pecandu masuk rehabilitasi dan harus melakukan pekerjaan fisik selama bertahun-tahun.

Tidak heran jika penduduk China sangat bersemangat menyambut alternatif penyembuhan untuk kecanduan seperti prosedur DBS ini.

Editor: Bondan P

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Ilmuwan China Tempatkan Elektroda Ke Otak Pecandu Narkoba"