banner 468x60

Perang Dagang Antara China Dan Amerika Serikat (AS) Berdampak Pada Perekonomian Sebuah Negara Dapat Berhenti Hingga Menurun Dan Mengancam Ekonomi Global

banner 160x600
banner 468x60

 

Perang Dagang

Kabar21News, JAKARTA - Perang dagang antara China dan Amerika Serikat (AS) tak kunjung usai. Perang yang berlangsung sejak 2018 berimbas kepada banyak negara, termasuk Indonesia.

Hal tersebut pun menimbulkan suatu fenomena resesi yang menyebabkan perekonomian sebuah negara dapat berhenti hingga menurun dan mengancam ekonomi global.

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk selamat dari resesi perang dagang seperti dikutip Business Insider, Jumat (30/8/2019).

1. Investasi jangka panjang

Seorang pakar perencana keuangan asal SoFi, Lauren Anastasio, menyarankan untuk berinvestasi jangka panjang agar selamat dari resesi.

"Jika kamu sedang dalam posisi sudah berinvestasi untuk jangka waktu yang lama dan tidak mengandalkan uang itu untuk kehidupan sehari-hari, maka besar kemungkinan Anda akan selamat dari resesi," jelas Anastasio.

Itu artinya, investasi yang kamu lakukan dapat bermanfaat untuk masa pensiun nanti karena Anda tidak mengandalkan uang tersebut di saat resesi berlangsung.

2. Segera bayar utang yang berbunga tinggi

Anastasio mengatakan untuk membayar hutang yang berbunga tinggi sebagai prioritas. Menurutnya, itu akan sangat bermanfaat untuk dilakukan.

Membayar hutang dengan bunga tinggi dapat membantu untuk kapan pun itu. Sebab, hutang sewaktu-waktu bisa berubah menjadi sangat besar biayanya (setelah terkena bunga)," tambahnya.

3. Siapkan dana darurat

Banyak pakar keuangan yang merekomendasikan kamu untuk menyiapkan dana darurat. Ada beberapa alasan, di antaranya adalah sebagai uang untuk pengeluaran dana tak terduga, atau saat Anda kehilangan pekerjaan.

Bahkan, orang-orang yang mendapatkan pekerjaan paling nyaman sekalipun dapat mengalami penurunan pendapatan di masa resesi. Maka dari itu menyiapkan dana darurat sangat penting bagi kamu.

 

Editor : Fito Ferdiansyah

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Perang Dagang Antara China Dan Amerika Serikat (AS) Berdampak Pada Perekonomian Sebuah Negara Dapat Berhenti Hingga Menurun Dan Mengancam Ekonomi Global"