banner 468x60

Isu Politik Dinasti Yang Tengah Menyelimuti Jokowi Saat Ini Adalah Hal Yang Wajar

banner 160x600
banner 468x60

 

GibranKabar21News, JAKARTA - Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka mendaftarkan diri sebagai bakal calon Wali Kota Solo ke DPD PDI Perjuangan (PDIP) Solo. Lalu apakah hal itu merupakan sebuah dinasti politik?

Terkait hal itu, Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggaraini menanggap isu politik dinasti yang tengah menyelimuti Jokowi saat ini adalah hal yang wajar. Mengingat saat ini sang anak yang kader PDIP maju mendaftarkan diri sebagai bakal calon Wal Kota Solo.

"Kalau dia (Gibran) kemudian mendapat previlage, maka hal yang wajar bila publik menganggap politik dinasti," ujar Titi dalam diskusi di Up Normal Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Minggu (22/12/2019).

Menurut Titi, PDIP sebagai parpol pastinya sudah mempunyai sebuah mekanisme dalam menjaring kadernya yang bakal maju di Pilkada. Karena itu dia berharap PDIP tetap mengedepankan hal tersebut agar nantinya Jokowi tak tercap sedang membangun ‘dinasti politik’.

“Apakah PDIP akan memberikan ruang pada Gibran. Tantangan partai sebagai institusi,” katanya.

Namun, Titi tak menampik jika politik dinasti di Tanah Air masih dibungkus hal yang prosedural. Sebab dia memandang proses internal partai yang berjalan biasanya sekadar formalitas.

"Prosedural kamuflase saja. Politik dinasti biasanya berkelindan dengan pendanaan partai dan dominasi," imbuh Titi.

Lebih jauh, dia memberikan pesan agar Gibran lebih mengedepankan mekanisme partai agar isu politik dinasti tersebut tak benar adanya.

"Kalau dia mengesampingkan, dan menggeser mekanisme yang bekerja di partai tidak salah kalau publik beranggapan politik dinasti," tutur Titi.

 

Editor : Fito Ferdiansyah

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Isu Politik Dinasti Yang Tengah Menyelimuti Jokowi Saat Ini Adalah Hal Yang Wajar"