banner 468x60

Bawaslu Kampar Penemuan Satu Karung Yang diduga Keseluruhan Isinya Berupa Surat Suara

banner 160x600
banner 468x60

KABAR22NEWS Kampar -Warga Desa Salo, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar dihebohkan dengan penemuan satu karung yang diduga keseluruhan isinya berupa surat suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, di bawah jembatan di ruas jalan nasional Riau-Sumbar di Desa Salo, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar, Ahad (14/4/2019) pagi.

Penemuan warga ini langsung ditindaklanjuti Panitia Pengawas Pemilu (Panwascam) Salo dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kampar. Sekitar pukul 10.00 WIB karung yang diduga berisi surat suara ini telah dibawa ke kantor Bawaslu Kabupaten Kampar di Jalan HR Soebrantas, Bangkinang.

Hingga berita ini diturunkan, Bawaslu Kabupaten Kampar masih meminta keterangan dari warga dan Panwascam Salo.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kampar Syawir Abdullah ketika dikonfirmasi menjelaskan, Bawaslu Kampar turun ke lokasi penemuan surat suara di Jembatan Salo setelah menerima laporan dari Panwascam Salo melalui telepon seluler.

"Benar berita itu, kami telah temukan surat suara dalam karung," ucap Syawir.

Mengenai apakah seluruh isi karung berupa surat suara Syawir belum bisa memastikan. Namun di kertas bagian luar yang ditempelkan di kardus tertulis diantaranya surat suara Pemilu Dapil Sumatera Barat I, Kabupaten Tanah Datar.

"Awalnya sebagian surat suara telah berserakan. Kemudian dimasukkan lagi ke dalam karung. Jumlahnya belum diketahui karena belum dihitung, namun sangat siginifikan," terang Syawir.

Ia mengungkapkan, biasanya surat suara dalam pengirimannya dari KPU ke KPU daerah dimasukkan dalam kardus. "Tapi apakah surat suara dalam penambahan kita belum tahu juga," bebernya.

Atas penemuan ini Bawaslu Kampar telah melakukan koordinasi dengan Polres Kampar, Bawaslu Riau dan KPU Kampar.

"KPU Kampar kabarnya sudah berkoordinasi dengan KPU provinsi untuk diteruskan ke KPU Sumbar. Katanya KPU sumbar akan turun ke Kampar memastikan apakah surat suara ini memang milik mereka," imbuh Syawir.

Selain mengamankan karung ini, Bawaslu Kampar langsung meminta keterangan dari masyarakat yang melaporkan dan Anggota Panwascam Salo.

Ketua Panwascam Salo Hermansyah mengakui bahwa dua anggota Panwascam Salo Adnan dan Webi Noprima langsung turun ke Jembatan Salo begitu mendapat laporan dari masyarakat tentang penemuan karung ini. Panwascam Salo selanjutnya melaporkan temuan itu ke Bawaslu Kampar.

Sementara Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kampar Ahmad Dahlan di tempat terpisah mengaku telah menyampaikan hal ini kepada KPU Provinsi Riau. "KPU Riau yang berkoordinasi dengan KPU Sumbar," ujar Dahlan.

Dari pantauan CAKAPLAH.COM, penemuan karung berisi surat suara ini menarik perhatian warga di jembatan di ruas jalan nasional Riau Sumbar di Desa Salo. Proses evakuasi yang disaksikan Ketua Bawaslu Kampar Syawir Abdullah dan komisioner Bawaslu Kampar Marhaliman dan pihak kepolisian maupun TNI ikut disaksikan puluhan warga.

Diantara tulisan yang tertera di kardus adalah surat suara Pemilu Dapil Sumatera Barat I Kabupaten Tanah Datar. Kardus dibagian luar karung tampak telah rusak dan sobek.

Editor: Haidar

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Bawaslu Kampar Penemuan Satu Karung Yang diduga Keseluruhan Isinya Berupa Surat Suara"