banner 468x60

Pemerintah Tidak Jelaskan Ke Publik Berapa Triliun Rupiah Yg Dibayar PT Inalum Untuk Beli Saham Freepor

banner 160x600
banner 468x60

KABAR21NEWS, -Indonesia melalui PT Inalu (Persero) resmi menggenggam 51,23 persen saham PT Freeport Indonesia. PT Inalum membayar pembelian 51,23 persen saham PT Freeport Indonesia itu senilai USD3,85 miliar atau sekitar Rp56 triliun (kurs Rp14.500 per Dolar AS).

Sosiolog yang juga rektor Universitas Ibnu Chaldun Musni Umar menilai, masyarakat patut memberi apresiasi atas usaha pemerintah mengakuisisi saham Freeport tersebut.

“Saya apresiasi pengambilan saham PT Freeport 51 persen,” cuit Musni diakun Twitter-nya @musniumar, Sabtu (22/12/18).

Namun, Musni mempertanyakan, pemerintah tidak menjelaskan secara transparan berapa triliun rupiah yang dibayar oleh PT Inalum tersebut dalam rangka membeli saham itu. Sebab, tambang Freeport di Papua itu adalah milik Indonesia.

“Sayangnya tdk dijelaskan ke publik berapa triliun rupiah yg dibayar PT Inalum untuk beli saham Freeport. Masalahnya, tambang tsb milik Indonesia. Kita beli milik sendiri. Semula saya pikir kita ambilalih via nasionalisasi,” cuitnya.

Sebelumnya, Indonesia melalui PT Inalum (Persero) resmi menjadi pemegang saham mayoritas PT Freeport Indonesia.

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa kepemilikan ini akan digunakan sepenuhnya untuk kemakmuran rakyat Indonesia.

“Hari ini merupakan momen yang bersejarah setelah PT Freeport beroperasi di Indonesia sejak 1973. Kepemilikan mayoritas ini akan kita gunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat,” ujarnya di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat kemarin.

Laporan tersebut juga memastikan bahwa PT Inalum telah membayar lunas pembelian 51,23 persen saham PT Freeport Indonesia senilai USD3,85 miliar.

“Disampaikan bahwa saham PT Freeport 51,2 persen sudah beralih ke PT Inalum dan sudah lunas dibayar,” ujarnya .

Selain itu, seluruh permasalahan yang berkaitan dengan lingkungan dan smelter yang sempat menjadi ganjalan telah diselesaikan dan disepakati. “Artinya semua sudah komplet dan tinggal bekerja saja,” lanjutnya.

Ia menegaskan bahwa pendapatan dari sisi pajak maupun royalti dipastikan akan meningkat. Tak kalah penting, rakyat Papua turut mendapatkan bagian dari berbagai keuntungan yang akan diperoleh.

“Masyarakat di Papua juga akan mendapatkan 10 persen dari saham yang ada. Tentu saja di Papua juga akan mendapatkan pajak daerahnya,” tuturnya.

RI resmi beli saham Freeport 51 %

Editor: Rijal

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Pemerintah Tidak Jelaskan Ke Publik Berapa Triliun Rupiah Yg Dibayar PT Inalum Untuk Beli Saham Freepor"