banner 468x60

Kepala BMKG: Ombak Besar Yang Menerjang Anyer Dan Lampung Adalah Tsunami

banner 160x600
banner 468x60

KABAR21NEWS, Jakarta - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menyatakan ombak besar yang menerjang Anyer dan Lampung adalah tsunami, bukan sekedar dampak fenomena bulan purnama yang berakibat pasangnya air laut. "Kami analisis apakah kenaikan air pasang akibat fenomena atmosfer, jadi memang saat ini pada fase seperti itu, namun ternyata setelah analisis lanjut gelombang itu merupakan tsunami," ujarnya dalam konferensi pers di Kantor BMKG, Minggu (22/12/2018). Tipe polanya, kata Dwikorita, pun seperti yang terjadi di Palu dan Donggala beberapa waktu lalu. "Polanya mirip gelombang tsunami yang terjadi di Palu, sehingga kami koordinasi dengan badan geologi, kami sepakat bahwa diduga

Pihaknya pun memastikan gelomhang yang menerjanga daratan sekira pukul 21.27 WIB itu akibat tsunami yang awal mulanya masih ragu karena bukan dampak dari gempa tektonik. "Namun dari alat, jelas kami melihat pukul 21.58 WIB, saya dapat laporan teman-teman di BMKG. Saya sudah dikirim gambar alat dan itu dipastikan gelombang tsunami," tegasnya.

Badan Geologi,sa mbungnya, memastikan pukul 21.03 WIB ada erupsi Gunung Anak Krakatau. Dari itu, pihaknya mengindikasikan tsunami di sekitar Selat Sunda akibat dugaan sementara karena aktivitas Gunung Anak Krakatau.

Editor: Wira Aji P

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Kepala BMKG: Ombak Besar Yang Menerjang Anyer Dan Lampung Adalah Tsunami"