banner 468x60

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Menjamin Bus Listrik Yang Dibeli Dari China Tidak Akan Bermasalah

banner 160x600
banner 468x60

KABAR21NEWS,  -PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menjamin bus listrik yang dibeli dari China tidak akan bermasalah. Sebab 95 persen bus listrik yang beroperasi di dunia berasal dari Negeri Tirai Bambu.

Direktur Utama PT Transjakarta, Agung Wicaksono, mengatakan, saat ini berbagai negara di dunia tengah bergerak ke bus listrik untuk mewujudkan kota ramah lingkungan. Berdasarkan informasi, penyedia bus listrik terbesar dan hampir 95 persen bus listrik itu adalah China. Bahkan kota-kota besar di Eropa, seperti London (Inggris), Kopenhagen (Denmark), membeli bus listrik dari China.

Untuk itu, kata Agung, Transjakarta akan melihat pengadaan bus listrik bukan dari mananya, tapi soal kesiapannya dari teknis. Kebetulan yang sudah siap di Tanah Air saat ini ada tiga, dimana dua manufaktur ada di China

Sementara itu, pengamat transportasi dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Djoko Setijowarno, menyarankan Pemprov DKI Jakarta agar menggunakan bus listrik produksi anak bangsa, seperti PT Mobil Anak Bangsa (MAB). Sehingga ketika dioperasikan, semua infrastrukturnya bisa disediakan dengan penuh.

Pada prinsipnya, kata dia, langkah Pemprov DKI Jakarta untuk menguji coba bus listrik merupakan langkah yang sangat baik dan harus didukung penuh. Sebab, kendaraan listrik terbukti ramah lingkungan serta biaya perawatan dan operasional lebih rendah. "Di Asmat Papua saja kendaraannya sudah listrik semua. Masa DKI tidak bisa," pungkasnya.

Editor: Toni G

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Menjamin Bus Listrik Yang Dibeli Dari China Tidak Akan Bermasalah"