banner 468x60

Wali Kota Jayapura Berharap Sebelum Tanggal 31 Desember 2018, Seluruh Warga Kota Jayapura Telah Memiliki Semua Dokumen Kependudukan

banner 160x600
banner 468x60

KABAR21NEWS, Jayapura, - Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano berharap sebelum tanggal 31 Desember 2018, seluruh warga kota Jayapura telah memiliki semua dokumen kependudukan. Apabila belum, maka Nomor Induk kependudukan (NIK) warga yang bersangkutan akan diblokir.

"Saya sudah mengimbau kepada masyarakat melalui kepala distrik, lurah hingga RT/RW untuk memberitahukan kepada masyarakatnya guna mengurus dokumen kependudukannya. Batasnya tanggal 31 Desember 2018. Lewat daripada itu NIK-nya akan diblokir," kata BTM sapaan akrabnya.

Dikatakan, dokumen kependudukan meliputi Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el), Kartu Kelurahan (KK), Akta kelahiran, akta perkawinan melalui catatan sipil, dan akta kematian (bila ada sanak saudara yang telah meninggal).

Terkait dengan NIK yang diblokir, kata BTM, apabila masyarakat ingin membuka kembali blokiran tersebut maka seluruh dokumen kependudukan harus diurus.

"Harus diurus dulu semuanya baru NIK-nya bisa dibuka. Saya ingin warga saya tertib administrasi. Jangan mau masuk sekolah atau mau mengurus pekerjaan baru berbondong-bondong mengurus administrasi kependudukannya," ujarnya.

Saat ini, menurut BTM baru sekitar 78 persen masyarakat di Kota Jayapura yang memiliki dokumen kependudukan secara lengkap.

"Saya juga sudah menyuruh petugas saya untuk menyisir di setiap rumah-rumah warga untuk melihat apakah warga tersebut memiliki dokumen kependudukan yang lengkap atau tidak. Kalau tidak, langsung disuruh membuatnya. Pembuatannya gratis kok, tidak ada yang susah, tinggal datang ke Disdukcapil masukkan berkas tidak lama sudah beres semua," katanya.

Sebelumnya Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) KotaJayapura, Merlan Uloli mengatakan untuk Kota Jayapura masyarakat yang sudah memiliki KTP-el sudah 80 persen.

"20 persen sisanya adalah anak-anak yang usianya sudah mencukupi untuk memiliki KTP-el. Kami sudah berkoordinasi dengan pihak distrik, kampung dan kelurahan agar dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya memiliki KTP-el," katanya.

Editor: Teguh

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Wali Kota Jayapura Berharap Sebelum Tanggal 31 Desember 2018, Seluruh Warga Kota Jayapura Telah Memiliki Semua Dokumen Kependudukan"