banner 468x60

Sumber Daya Alam Menjadi Salah Satu Yang Paling Banyak Berpotensi Terjadinya Praktek Korupsi

banner 160x600
banner 468x60

KABAR21NEWS, -Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan korupsi di sektor Sumber Daya Alam menjadi salah satu yang paling banyak berpotensi terjadinya praktek korupsi. Wakil Ketua KPK, Laode M Syarief mengatakan, para pejabat tidak segan-segan dengan menjual murah sumber daya alam untuk kepentingan pribadinya.

“Banyak sekali sumber daya alam di Indonesia dijual murah oleh pejabat. Dan ingat, yang ditangkap itu hanya sebagian kecil dan sebagian besar belum tertangkap,‎” ujarnya, di Gedung KPK, kemarin.

Ia menjelaskan, sejumlah pejabat yang sudah diproses KPK karena melakukan tindak pidana korupsi berkaitan dengan SDA. Adapun beberapa pejabat negara tersebut yakni, Amin Nasution dan Tengku Azman Jafar.

“Memang sebetulnya agak susah bagi kita untuk menjaga lingkungan Indonesia kalau orang-orang yang seharusnya merawat itu, tapi tidak amanah,” tegasnya.

KPK jelas Syarif, saat ini baru memproses kurang lebih sebanyak 20 penyelenggara negara ataupun pejabat daerah yang melakukan korupsi di sektor SDA yang merugikan negara hingga Rp1,2 triliun. “Lebih dari 20 pejabat diproses KPK terkait sektor kehutanan, ada beberapa kasus yang kerugian negaranya mencapai Rp1,2 triliun,” pungkasnya.

Editor: Sutanto

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Sumber Daya Alam Menjadi Salah Satu Yang Paling Banyak Berpotensi Terjadinya Praktek Korupsi"