banner 468x60

Pencegahan Dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) dan Hukum Penindakan dan Pelanggaran (HPP) Sangat Diperlukan Dalam Penegakan Hukum Pemilu 2019

banner 160x600
banner 468x60


KABAR21NEWS, Jambi - Bawaslu Kota Jambi mengadakan rapat kerja Teknis anggota Panwascam se Kota Jambi di Miting Rooom Hotel Wiltop Jl. Sultan Thaha no 17 Kecamatan Pasar Jambi Kota Jambi (31/1/19).

"Rapat kerja Teknis anggota Panwascam se Kota Jambi dibuka Ketua Bawaslu Kota Jambi Ari Juniarman SH. MH dan didampingi oleh pimpinan Bawaslu Kota Jambi antara lain Johan Wahyudi S.Hi, Ahmad Solihin, S.Pdi, Hasbulah S.Ag Mpd dan Ibnu Arafah S.Hum".

Ari Juniarman SH. MH Ketua Bawaslu kota Jambi, "Mengatakan Pencegahan Dan Hubungan antar Lembaga (PHL) dan Hukum Penindakan dan Pelanggaran (HPP) sangat diperlukan dalam penegakan Hukum Pemilu 2019 terutama sebagai tolak ukur keberhasilan kerja Bawaslu sebagai lembaga pengawas demi terciptanya kepercayaan dan legalitas masyarakat terhadap penyelenggara Pemilu".

"Laksanakan tugas pengawasan, Pencegahan dan Penindakan sesuai hukum dan undang-undang serta bersinergi dengan aparat terkait lain diluar unsur Panwas".

Lebih lanjut, "Anggota Panwascam dan jajarannya dapat menegakkan hukum dengan profesionalisme dan Sinergis", Pungkasnya.

Dalam kesempatan sama Johan Wahyudi S.Hi, "Mengatakan secara teknis penanganan temuan harus berdasarkan fakta dan laporan yang lengkap memenuhi unsur unsur dugaan pelanggaran Pemilu".

"Panwascam jangan ragu-ragu dalam bekerja, dalam hal ini Divisi PHL harus sering berkoordinasi dengan lembaga lembaga lain dan hasil temuan Panwas dilapangan harus tercatat lengkap pada blangko Laporan hasil pengawasan Pemilu yang sudah ada, termasuk penindakan APK maupun tindakan Kampanye dialogis yang menyalahi aturan", ungkapnya.

Hasbulah, S.Ag Mpd pimpinan Bawaslu Kota Jambi, "Mengatakan norma ketimuran masyarakat kita harus dipahami oleh Panwascam, Insya Allah pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan lancar dan Sukses serta mempedomani azas pemilu Jujur Adil Rahasia menuju harapan pemilu yang mandiri tertib dan jujur".

"Semua proses harus tercatat dan terarsip agar jika kemudian hari ada Komplain/tuntutan maka kita bisa menunjukkan bukti dan Faktanya", ucapnya.

Sebagai penutup pembukaan acara Ahmad Solihin S. Pimpinan Bawaslu Kota Jambi, "Menyampaikan selain sebagai Penindakan Hukum dan Pelanggaran pelaksanaan Pemilu, Panwascam jangan mengenyampingkan Himbauan dan Pencegahan secara Persuasif".

"Olah sumber informasi yang didapatkan dari Masyarakat dan Steakholder atau yang lain dengan Bijak untuk penyelesaian yang baik", pungkasnya (ydi)

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Pencegahan Dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) dan Hukum Penindakan dan Pelanggaran (HPP) Sangat Diperlukan Dalam Penegakan Hukum Pemilu 2019"