banner 468x60

Pelindo III Regional Jawa Tengah, Pembangunan Pelanggan Tanjung Emas Menemui Banyak Kendala

banner 160x600
banner 468x60


KABAR21NEWS,  Semarang - Saat ini Pelindo III Regional Jawa Tengah masih fokus pengembangan untuk kawasan Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) Tanjung Emas Semarang dan Tanjung Intan Tegal. Arif Prabowo menjelaskan untuk Pelabuhan Tanjung Emas memasuki tahap penyelesaian reaktivasi rel Bandarharjo - Tawang.

"Maret reaktivasi selesai. Kalau itu terhubung, akan terhubung ke selatan dan barat Jawa. Bahkan Grobogan sudah minta dan akan melakukan ekspor atau antarpulau lewat kereta api," katanya.

Sementara untuk pelabuhan Tanjung Intan Tegal Pelindo III sedang mengerjakan pengerukan alur kapal, perbaikan dermaga dan membangun cold storage kerjasama dengan nelayan dan pengusaha. Dengan pembangunan itu dia yakin perekonomian nelayan akan terdongkrak. "Tegal saat ini masih Amdal Juni tahun ini selesai," katanya.

Namun untuk pengembangan lanjutan Pelabuhan Tanjung Emas dia menemu banyak kendala. Selain penurunan tanah yang mencapai 35 Cm pertahun, juga masih terdapat lahan-lahan sengketa, padahal status Tanjung Emas sebagai pelabuhan terbesar di Jateng. Arif berharap segera ada alternatif untuk persoalan itu.

"Perlu alternatif pelabuhan, Sluke Rembang atau Jepara jadi pilihan tepat karena kontur bawah lautnya berupa koral. Tapi masih perlu koordinasi," katanya.

Editor: Arya Dwi Pangga

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Pelindo III Regional Jawa Tengah, Pembangunan Pelanggan Tanjung Emas Menemui Banyak Kendala"