banner 468x60

Para Calon Pimpinan KPK Akan Diuji Kepatutan Dan Kelayakannya Dengan Membuat Makalah Sesuai Dengan Tema Yang Akan Diundi

banner 160x600
banner 468x60

 

Gedung KPK.

Kabar21News, JAKARTA -  Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) sebanyak 10 orang akan menjalani fit and proper test‎ (uji kepatutan dan kelayakan) di Komisi III DPR RI, hari ini, Senin (9/9/2019).

Anggota Komisi III DPR RI, Nasir Djamil mengatakan, pihaknya punya dua agenda terkait Capim KPK Periode 2019-2023. Dua agenda itu yakni Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Panitia Seleksi (Pansel) Capim KPK. Kemudian, pembuatan makalah para Capim KPK.

"Hari Senin, tanggal 9 September ada 2 agenda yaitu, jam 10.00 RDPU ‎dengan Pansel KPK, dan Jam 14.00 pembuatan makalah para capim KPK," kata Djamil, Senin (9/9/2019).

Kesepuluh capim yang akan mengikuti fit and proper test tersebut yakni, Alexander Marwata (Komisioner KPK); Firli Bahuri (Anggota Polri); I Nyoman Wara (Auditor BPK); Johanis Tanak (Jaksa); Lili Pintauli Siregar (Advokat); Luthfi Jayadi Kurniawan (Dosen); Nawawi Pomolango (Hakim); Nurul Ghufron (Dosen); Roby Arya (PNS Sekretaris Kabinet); serta Sigit Danang Joyo (PNS).

Kesepuluh nama tersebut telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah dipelajari lebih lanjut. ‎Kesepuluh nama tersebut telah melaksanakan serangkaian seleksi yang digelar oleh Pansel Capim KPK. Jokowi mengaku telah mengkroscek sepuluh nama tersebut.

Kendati demikian, berbagai elemen termasuk KPK menolak sepuluh capim yang akan menjalani fit and proper test tersebut.‎ Menurut KPK, masih ada capim yang diduga bermasalah diloloskan oleh Pansel dan Presiden Jokowi. Para pegawai KPK mengkritik sejumlah nama para capim tersebut.

 

Editor : Fito Ferdiansyah

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Para Calon Pimpinan KPK Akan Diuji Kepatutan Dan Kelayakannya Dengan Membuat Makalah Sesuai Dengan Tema Yang Akan Diundi"