banner 468x60

KPK Akan Panggil Staf Khusus Mentri Agama Terkait Jual Beli Jabatan Ramahurmurzy

banner 160x600
banner 468x60

KABAR21NEWS,  Jakarta -KPK jadwalkan pemeriksaan staf khusus Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Hadi Rahman, sebagai saksi.

Ia akan diperiksa dalam perkara dugaan suap jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama untuk tersangka eks Ketua Umum PPP, Romahurmuziy atau Romy.

"Diperiksa sebagai saksi untuk tersangka RMY (Romahurmuziy)," ujar juru bicara KPK Febri Diansyah saat dihubungi, Rabu (10/4).

Selain memanggil Hadi, penyidik KPK juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap Sekjen DPR, Indra Iskandar. Ini merupakan panggilan kedua untuk Indra, setelah pada Kamis (4/4) ia tak bisa memenuhi panggilan penyidik KPK.

Hadi merupakan staf Lukman Hakim kedua yang dipanggil KPK. Sebelumnya KPK pernah memanggil staf ahli Menag Lukman Hakim, Gugus Joko Waskito, pada Kamis (28/3). Namun saat itu Gugus yang pernah menjabat Wasekjen DPP PPP mangkir karena alasan pekerjaan.

Dalam kasus ini, Romy diduga menerima suap Rp 300 juta dari Kepala Kantor Kemenag Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Jawa Timur (Jatim), Haris Hasanuddin.

Haris dan Muafaq menyuap Romy agar bisa duduk di jabatan tersebut. Haris dan Muafaq pun telah ditetapkan sebagai tersangka.

Dalam proses penyidikan, KPK telah menggeledah 5 lokasi yakni Kementerian Agama, DPP PPP, rumah Romahurmuziy, Kanwil Kemenag Jawa Timur, dan Kanwil Kemenag Gresik.

Saat penggeledahan di Kemenag, khususnya ruang kerja Lukman Hakim, KPK menyita Rp 180 juta dan USD 30 ribu.

Editor: Toni G

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "KPK Akan Panggil Staf Khusus Mentri Agama Terkait Jual Beli Jabatan Ramahurmurzy"