banner 468x60

Kisah Penangkapan Kapal Pencuri Ikan Legendaris Andrey Dolgov Di laut Indonesia sangat menarik.

banner 160x600
banner 468x60

KABAR21NEWS,  Kapal Andrey Dolgov telah beraksi di berbagai negara. Kapal ini telah mencuri kekayaan laut Indonesia senilai 50 juta dollar AS atau setara Rp 702 miliar.

Namun aksi pencurian kekayaan laut secara sistematis itu berhasil dihentikan TNI AL kemarin.

Kisah penangkapan kapal pencuri ikan legendaris di laut Indonesia ini sangat menarik. Karena setelah sepuluh tahun beroperasi, aksi Andrey Dolgov akhirnya berhenti di tangan TNI AL.

Tugas pasukan angkatan laut Indonesia menjaga wilayah yang sangat luas. Ini merupakan tugas berat yang dipikul, mengingat Indonesia merupakan negara yang memiliki belasan ribu pulau.

TNI AL memiliki lima tugas, sesuai Undang-Undang Nomor 34/2004 tentang TNI.

Disebutkan di pasal 9, Angkatan Laut bertugas:

  • Melaksanakan tugas TNI matra laut di bidang pertahanan;
  • Menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah laut yurisdiksi nasional sesuai dengan ketentuan hukum nasional dan hukum internasional yang telah diratifikasi;
  • Melaksanakan tugas diplomasi Angkatan Laut dalam rangka mendukung kebijakan politik luar negeri yang ditetapkan oleh pemerintah;
  • Melaksanakan tugas TNI dalam pembangunan dan pengembangan kekuatan matra laut;
  • Melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut.

Di satu siang yang mendung pada April tahun lalu, Andrey Dolgov sebuah kapal ikan dengan haluan penuh karat menerjang ombak.

Air bercampur minyak terlihat menyembur dari lambung kapal itu setiap kali menghantam permukaan laut dalam upayanya menyelamatkan diri.

Melarikan diri?

Ya, di belakang kapal ini sebuah kapal ramping bersenjata lengkap milik Angkatan Laut Indonesia dengan cepat membuntuti.

Harapan kapal ini untuk lolos dari kejaran amat kecil. Kemudian sebuah drone dan pesawat pengintai berputar di atas kapal tersebut.

Kapal angkatan laut itu dengan cepat mendekat, mengakhiri perangkap yang sudah dirancang selama berbulan-bulan.

Editor: Haidar

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Kisah Penangkapan Kapal Pencuri Ikan Legendaris Andrey Dolgov Di laut Indonesia sangat menarik."