banner 468x60

Kampung Unik Di Kelurahan Manahan Solo.

No comment 368 views
banner 160x600
banner 468x60
(Kampung Heppi Gg. Prenjak Manahan Solo)
 
KABAR21NEWS, SURAKARTA,- Suasana Kampung Joho Jl Samratulangi Gg.prenjak Rt 007/Rw 10 Manahan Solo Tampak indah dipandang mata Senin (5/11/2018).
 
 

Terlihat seorang pria paruh baya Bapak Maryanto sedang menyelesaikan pembuatan mural dan relief di kampung yang dihuni 70 keluarga itu diseluruh tembok dan pagar sehingga menjadi karya seni visual.

Mural dan relief yang tergambar menceritakan sejarah, pesan singkat dan sarana edukasi kepada masyarakat luas, dinding dan tembok pembatas dipenuhi lukisan berbentuk abstrak serta lukisan topeng yang dibuat tiga dimensi, Selain itu ada pula mural tokoh nasional, suporter sepak bola, tokoh pewayangan dan mantan Presiden Indonesia pertama ir Soekarno.

(Maryanto warga kampung Heppi sedang mengerjakan pembuatan lukisan di dinding)

Lestari yang juga warga kampung joho menuturkan kepada media "Pembuatan lukisan mural melibatkan gagasan pemuda kampung dan warga, Di gang masuk kampung juga terdapat tulisan nama usaha warga Joho mulai kuliner, bisnis rumah sewa (kos), Seperti bakso, soto, sate, bakmi, mie ayam, mebel, pelukis, seni tari dan sebagainya. Keriuhan inilah yang membuatnya berjuluk Kampung Hepi,Pemilihan kata itu Hepi berawal dari keinginan warga Kampung Joho yang ingin bahagia, aman, sehat, dan damai".

Sedangkan Gagasan membuat Kampung Hepi sudah dimulai sejak 2007 silam atas ide seorang pemuda yang biasa di panggil dengan mas Ipung namun baru dicanangkan pada Februari 2018, Setiap bulan warga dengan swadaya dan kerelaannya melakukan gotong royong untuk memelihara Kampung Hepi.

Lestari pun menambahkan "Selain berisi beragam mural, kampung tersebut juga menyuguhkan berbagai kegiatan warga seperti permainan tradisional anak-anak dan aneka kerajinan karya warga Hal tersebut merupakan salah satu cara mengembangkan Kampung Hepi sebagai obyek wisata".

 
Editor: Indra.
Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Kampung Unik Di Kelurahan Manahan Solo."