banner 468x60

Egnasius Kagoya Juga Tertembak, Saat Kontak Tembak Yang Menggugurkan 3 TNI

banner 160x600
banner 468x60

KABAR21NEWS,  Turut berduka atas gugurnya prajurit TNI yang sedang mengawal pembangunan Papua. Insiden ini terjadi pada kamis (7/3) saat sejumlah 25 orang pasukan TNI yang baru tiba di Distrik Mugi tiba-tiba diserang oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang berjumlah 50 hingga 70 orang, dilansir Dari kitorang (16/3/2019).

Dilaporkan berdasarkan keterangan dari pihak Kodam XVII/Cenderawasih, bahwa benar anggota TNI sejumlah 3 (tiga) orang gugur. Dari pihak Kodam menyatakan bahwa prajurit TNI berhasil memukul mundur KKB dan mengakibatkan 10 orang tewas. Satu diantaranya mayatnya tertinggal, sementara sisanya dibawa kabur oleh KKB yang meloloskan diri.

Adapun informasi dari KKB Egianus Kogoya yang dimuat di akun FB TPNPB News, yang merupakan akun propaganda yang berisikan kebohongan dan isu provokatif, dikabarkan bahwa pernyataan Kodam tersebut tidak benar. KKB mengaku telah merampas 4 senjata dan membunuh 5 prajurit TNI.

Sementara dari pihak lain, wartawan mendapatkan informasi dari salah seorang masyarakat di Distrik Mugi, menyampaikan bahwa Egianus Kogoya beserta orang kepercayannya diduga tertembak dalam baku tembak tersebut. Saat kejadian, Egianus memimpin langsung di depan. Saat kontak tembak terjadi, tembakan balasan dari aparat mengenai 10 orang KKB yang berupaya mendekati aparat. Salah satu dari 10 KKB itu adalah Egianus Kogoya. Saat ini, beredar isu bahwa Egianus Kogoya diduga tertembak dan menjadi salah satu korban meninggal.

Aparat keamanan dalam hal ini TNI, menyatakan tidak akan mundur untuk mendukung Kepolisian menegakan hukum. Khususnya untuk menangkap KKB Egianus Kogoya hidup ataupun mati. Karena ulah KKB Egianus yang menghambat kemajuan dan sangat meresahkan masyarakat Papua. Bahkan tidak segan untuk membunuh aparat, membunuh penduduk pendatang maupun warga Papua yang menolak membantu upayanya.

Di sisi lain, Pemilu 2019 yang sudah dekat, aparat terus mempertebal keamanan wilayah Nduga dan sekitarnya. Polri menyebut ada tiga kompi anggota TNI-Polri sedang mengejar Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua khususnya di distrik Mugi Kabupaten Nduga.

“Tetap masih terus melakukan pengejaran, pengamanan, mengantisipasi segala bentuk ancaman dari KKB, khususnya dalam rangka pengamanan pemilu di sana,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (12/3).

Dedi menegaskan keamanan Papua masih menjadi prioritas Polri berdasarkan indeks kerawanan pemilu. Aparat keamanan akan melakukan tindakan tegas dalam upaya penegakan hukum terhadap aksi-aksi kelompok bersenjata yang meresahkan masyarakat Papua.

Kitorang mendukung upaya kedamaian di tanah Injil Papua. Kitorang cinta damai. Kitong Papua tra mudah diprovokasi. Pembunuh sangat berdosa kepada Tuhan dan kemanusiaan. Aparat harus menindak tegas seluruh pihak pendukung KKB Egianus Kogoya.

Editor: Akbar

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Egnasius Kagoya Juga Tertembak, Saat Kontak Tembak Yang Menggugurkan 3 TNI"