banner 468x60

Acara Adat Robo Robo Dibanjiri Antusisas Masyarakat Pontianak

banner 160x600
banner 468x60

(Acara Robo robo yang digelar di Sungai kakap)

KABAE21NEWS,-Sugai Kakap, Kabupaten Kuburaya Provinsi Kalimantan Barat, Acara kegiatan robo-robo pada hari puncaknya, masyarakat tumpah ruah datang dari berbagi pelosok kota pontiank dan kuburaya untuk meyaksikan giat acara tersebut.

Robo-robo yang digelar pada hari ini,”Tanggal 07 November 2018 muali jam 07:00 waktu setempat adalah salah satu pelestarian budaya adat yang setiap satu tahun sekali digelar oleh masyarakat suku bugis, banjar dan melayu,”acara robo-robo adalah acara toalk bala meminta perlindunggan kepada sang maha pencipta,”untuk keselamatan, kemakmuran, kedamaiyan antar suku, adat, agama dan budaya, dan meminta segala kesuksesan dalam bidang apa pun juga termasuk kesuburan pertanian.

(Masyarakat Memadati Jembatan Untuk Menonton acara robo robo)

Dalam giat acara robo-robo di sugai kakap kabupaten kuburaya hari ini,juga dihadiri beberapa pejabat pemerintahan provinsi,kabupaten/kota dan beberapa anggota DPRD Kabupaten Kuburaya serta Provinsi kota pontianak.

Salah satu warga masyarakat saat di kompirmasi pia telpon RD, yang juag sebagi tokoh pemuda aktivis kalbar kelahiran punggur kecamatan sugai kakap, kepada awak media sebelum berita ini diturunkan, megatakan kemeriahan semarak acara robo-robo ini menurutnya.

Sudah tradisi adat makanya masyarakat di berbagi penjuru hadir ingin meyaksikan acara buang-buang dalam arti kata memberi makan bumi, rasa sukur kita kepada sang pencipta arawah-arwah leluhur kita dan segala isinya supaya bumi ini bisa subur, damai dan kita dilindunggi dari segala hal bencana maupun yang lainnya pungkasnya.

Editor: Teguh

Sumber: keizalinNews

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Acara Adat Robo Robo Dibanjiri Antusisas Masyarakat Pontianak"