banner 468x60

Tiga Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Berhasil Mengungkap Potensi Yang Dimiliki Bonggol Pisang Sebagai Agen Antimetastasis Kanker Payudara

banner 160x600
banner 468x60

Kabar21News, JAKARTA -Tiga Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Ida Nur Aini, Ahmad Syauqy Tafrihani, dan Dhuriyatun Khasanah berhasil mengungkap potensi yang dimiliki bonggol pisang sebagai agen antimetastasis kanker payudara melalui Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian Eksakta (PKM-PE).

"Bonggol pisang ini jarang dimanfaatkan, padahal di dalamnya mengandung senyawa flavonoid yang memiliki aktivitas antioksidan," ujar Aida dilansir dari akun resmi UGM, Senin (26/8/2019).

Melalui penelitian yang telah dilakukan sebelumnya didapatkan Ekstrak Bonggol pisang (EBP) yang selanjutnya dikuantifikasi kandungan kuersetin yang ada dalam EBP tersebut menggunakan metode kolorimetri AlCl3. Selanjutnya, dilakukan uji in vitro terhadap EBP serta uji efek penghambatan ekstrak terhadap pertumbuhan sel kanker dengan emtode uji MTT Assay. Setelah itu, barulah didapatkan ekstrak bonggol pisang yang tidak bersifat toksik.

Berdasarkan penelitian tersebut, Ida mengatakan bahwa ekstrak bonggol pisang memiliki potensi untuk menghambat penyebaran kanker. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk dapat mengolah ekstrak bonggol pisang menjadi bentuk suplemen maupun food powder agar mudah dikonsumsi oleh masyarakat.

 

Editor : Fito Ferdiansyah

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Tiga Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Berhasil Mengungkap Potensi Yang Dimiliki Bonggol Pisang Sebagai Agen Antimetastasis Kanker Payudara"