banner 468x60

Selain Rasanya Yang Menggoda, Matoa Ternyata Diketahui Memiliki Khasiat Sangat Banyak

banner 160x600
banner 468x60

KABAR21NEWS, Berbicara tanaman, lebih tepatnya obat untuk ramuan alternatif, Indonesia sangat dilimpahi tanah yang subur dengan aneka macam tumbuhan yang sudah sejak dahulu kala pada zaman nenek moyang, mereka sudah memakainya sebagai ramuan alternatif untuk menyembuhkan banyak penyakit.

Salah satunya adalah buah matoa. Jika kamu belum familiar dengan nama ini, maka kamu akan dengan cepat mengenalnya jika ke Papua. Buah matoa banyak dijajakan oleh mama-mama Papua di banyak pasar tradisional, karena rasanya yang cukup manis.

Buah matoa lahir dari pohon dengan tinggi sekitar 30-40 meter, yang berakar tunggang, dengan nama latin Pometia pinnata yang tumbuh sangat subur di daerah beriklim tropis di Indonesia.

Sebenarnya, buah matoa atau tanaman matoa adalah sebutan yang hanya berlaku di Papua, dan sebagian wilayah Maluku. Karena sebenarnya, tanaman ini juga ada di beberapa daerah lainnya dengan nama yang berbeda-beda.

Di Sumatera Utara, orang mengenal matoa dengan sebutan pakam, sedangkan orang Minangkabau mengenalnya denganlangsek anggang. Di Jawa, orang mengenal matoa dengan nama kayu sapi, sedangkan di Jawa Barat, matoa adalah leungsir.

Dirangkum AkuratHealth dari beberapa sumber, tanaman ini hanya berbunga dan berbuah sekali setahun pada bulan Juli hingga Oktober, dan untuk sampai matang, akan memakan waktu sekitar 4 bulan.

Buah ini memiliki r. Kamu bisa membayangkan campuran antara ketiga buah itu? Sangat manis tentunya.

Buah ini bertekstur seperti pinang muda, dengan daging yang lembek dan lengket, dengan memiliki kulit keras berwarna merah, hijau, bercampur hitam.

Selain rasanya yang menggoda, matoa ternyata diketahui memiliki khasiat yang sangat banyak.

Buah ini memiliki kandungan vitamin C yang diketahui mampu menjaga daya tahan tubuh, juga berfungsi sebagai penghilang stress, meminimalisir risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesuburan.

Karena rasanya yang cukup manis dan mengandung glukosa yang cukup banyak, maka jika kamu mengonsumsi buah ini, disarankan tidak boleh banyak. Karena, kamu bisa pusing hingga mabuk.

Editor: Teguh Yoga

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Selain Rasanya Yang Menggoda, Matoa Ternyata Diketahui Memiliki Khasiat Sangat Banyak"