banner 468x60

Manfaat Daun Kersen Yang Belum Banyak Orang Tau

banner 160x600
banner 468x60

KABAR21NEWS, -Kersen dikenal juga sebagai pohon ceri atau talok. Pohon ini sering dihiraukan dan dianggap sebagai tanaman liar yang tidak memiliki kegunaan. Tapi tahukah kamu bahwa banyak penelitian yang menunjukkan manfaat daun kersen untuk kesehatan?

Pohon ini berbuah, dengan ciri berbentuk bulat menyerupai ceri dan terasa manis bila dimakan. Berbeda dengan buahnya, daun pohon ini tidak dikonsumsi sebagai makanan atau lalapan.

Ini Dia Manfaat Daun Kersen yang Telah Diteliti

Ekstrak daun kersen diyakini dapat menghambat enzim yang menimbulkan rasa nyeri
Banyak studi telah dilakukan untuk membuktikan kegunaan daun kersen. Berikut ini beberapa hasil penelitian yang berhasil menunjukkan potensi daun kersen dalam pengobatan berbagai penyakit. Yuk, disimak!

1. Melindungi Saluran Cerna dari Asam Lambung
Penyakit asam lambung naik dapat menimbulkan beragam keluhan yang membuat kamu tidak nyaman. Penanganan gejala ini pun beragam, mulai dari penggunaan obat, olahraga hingga mengatur pola makan. Ekstrak daun kersen diyakini dapat mencegah kemunculan luka (tukak) pada lambung.

2. Pereda Nyeri dan Radang
Salah satu manfaat daun kersen yang telah diteliti adalah potensinya sebagai pereda nyeri. Efek antinyeri ekstrak daun ini dipercaya berasal dari pengaruhnya menghambat aktivitas enzim siklooksigenase dan produksi prostaglandin yang berperan dalam mekanisme timbulnya nyeri.

3. Menurunkan Tekanan Darah
Meskipun tekanan darah tinggi sering tidak menunjukkan gejala, dalam jangka panjang penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi seperti penyakit jantung, gagal ginjal, hingga stroke.

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa ekstrak daun kersen memiliki efek menurunkan tekanan darah sistolik dengan menghasilkan senyawa nitrit oksida yang memiliki efek hipotensi. Namun penemuan ini masih diteliti dalam lingkup tikus percobaan. Maka dari itu masih diperlukan penelitian lebih lanjut guna mendapatkan manfaatnya dalam dunia medis.

4. Berpotensi Menghambat Sel Kanker
Daun kersen kaya akan kandungan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas penyebab kanker. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun ini memiliki aktivitas antioksidan yang mampu melawan kanker kolon. Aktivitas ini diduga muncul karena kandungan senyawa flavonoid dalam daun kersen.

Selain itu, ekstrak daun kersen juga diujikan pada jenis sel kanker leukemia. Dalam penelitian tersebut, ditemukan 2 jenis senyawa yang menunjukkan aktivitas antikanker yaitu senyawa chalchone dan flavone.

Meskipun begitu, bijaklah dalam menggunakan herba ini. Terlebih lagi, belum ada penelitian yang menunjukkan keamanan daun kersen bila dikonsumsi jangka panjang. Konsultasikan dengan dokter apabila kamu berminat mengonsumsi daun kersen untuk mengatasi gangguan kesehatan yang kamu alami.

Editor: Rijal

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Manfaat Daun Kersen Yang Belum Banyak Orang Tau"