banner 468x60

Setumpuk masalah Tempat Pembuangan Akhir Sampah Kel. Ngabeyan

banner 160x600
banner 468x60

KABAR21NEWS, Kartusuro- Sampah memang masih jadi masalah sulit dan kompleks yang belum bisa di atasi oleh pemerintah khususnya di Kab. Sukoharjo. Jumlah sampah di perkirakan semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Pelan tapi pasti, sampah sudah menjadi masalah besar bagi negeri kita khususnya di Kel. Ngabeyan kab. Sukoharjo. Sayangnya, belum ada kesadaran mengelolah sampah, penumpukan sampah sudah sering terjadi dan sangat menimbulkan ke tidak nyamanan bagi warga yang mempunyai pemukiman di sekitaran TPA tersebut.

Di Kel. Ngabeyan, tiap rumah memiliki satu tempat sampah, dimana semua sisa makanan, plastik bekas, kemasan produk rumah tangga, di buang menjadi satu.

Yang terjadi saat ini di Kel. Ngabeyan, masih berupa sistem open dumping atau di buang begitu saja di TPA sehingga sering terjadi penumpukan sampah. Banyaknya warga membuang sampah dari luar Kel. Ngabeyan membuat TPA tersebut sering terjadi penumpukan.

"Menurut ketua Rt 05 Suyatmo bersama warga Kel. Ngabeyan merasah terganggu dengan adanya TPA tersebut, dimana letak pembungan sampah sudah menutup jalan dan bau yang di timbulkan sangat terasa sampai di pemukiman warga yang berjarak kurang lebih satu sampai dua kilo meter. " Ungkapnya dalam wawancara Kabar21news, di Kel. Ngabean kartusuro Kab. Sukoharjo, Minggu (24-2-2019).

Tuntutan warga setempat bahwa TPA yang berkedudukan di kelurahan ngabeyan harus di pindahkan karena sudah menutup akses jalan antara Kel. Ngabeyan dan Kel. Wirogunan, sehingga sering terjadi kemacetan di Kel. Ngabeyan di sebabkan akses dari karanganyar menuju solo maupun jogja sudah tertutup oleh sampah.

Pemerintah juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengumpulan dan penanganan samapah hingga ke daerah. "Terutama daerah yang tidak tersentuh dengan sistem pengelolaan kota," tandasnya.

Reporter : Tri Syamsuddin Nur

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Setumpuk masalah Tempat Pembuangan Akhir Sampah Kel. Ngabeyan"