banner 468x60

Putin : Arab Saudi Perlu Membuat Keputusan Cerdas, Seperti Yang Dilakukan Iran Dengan Membeli S-300 Kami

banner 160x600
banner 468x60

Kabar21News, MOSKOW – Presiden Rusia Vladimir Putin menyarankan Arab Saudi untuk membeli sistem pertahanan Rusia untuk melindungi fasilitas-fasilitasnya menyusul serangan drone yang menghantam dua pabrik pengolahan minyak kerajaan itu akhir pekan lalu. Putin mencontohkan Iran dan Turki yang menggunakan sistem pertahanan S-300 dan S-400 Rusia sebagai bukti keandalan perangkat tersebut.

"Arab Saudi perlu membuat keputusan cerdas, seperti yang dilakukan Iran dengan membeli S-300 kami, dan seperti yang dilakukan (Presiden Turki) Erdogan dengan memutuskan untuk membeli sistem pertahanan udara S-400 Triumph paling canggih dari Rusia," kata Putin, Selasa (17/9/2019).

"Sistem semacam ini mampu mempertahankan segala jenis infrastruktur di Arab Saudi dari segala jenis serangan". Komentar itu disampaikan Putin menjawab pertanyaan tentang serangan pesawat tak berawak ke fasilitas minyak Arab Saudi baru-baru ini.

Amerika Serikat (AS) menuduh Iran berada di balik serangan tersebut, meskipun pemberontak Houthi Yaman mengaku bertanggung jawab. Arab Saudi memimpin sebuah koalisi yang terlibat dalam perang di Yaman untuk membantu Presiden Abd Rabbo Mansour Hadi dan sejak itu berperang dengan Houthi.

Putin baru-baru ini bertemu dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Iran Hassan Rouhani di Ankara. Ketiga pemimpin membahas sejumlah isu, terutama mengenai proses perdamaian di Suriah.

 

Editor : Fito Ferdiansyah

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Putin : Arab Saudi Perlu Membuat Keputusan Cerdas, Seperti Yang Dilakukan Iran Dengan Membeli S-300 Kami"