banner 468x60

Kunjungan Presiden AS Ke Daerah Konflik Memang Biasanya Diam-Diam Dan Jarang Terdeteksi.

banner 160x600
banner 468x60

KABAR21NEWS, -Presiden Amerika Serikat Donald Trump melakukan kunjungan rahasia ke Irak yang -seharusnya- tidak terlacak. Namun ternyata penciuman netizen bisa mengendus dengan tajam, mereka berhasil mendeteksi perjalanan pesawat Air Force One yang mencurigakan.Trump ditemani istrinya, Melania, mengunjungi para tentara AS di Pangkalan Udara Al Asad bagian barat Baghdad pada Rabu (26/12). Rencana kunjungan ini memang tidak dipublikasi sebelum Trump mendarat di Irak, demi alasan keamanan.

Trump memang mencoba merahasiakan kepergiannya, tapi pesawatnya yang besar sulit ditutupi. Netizen di Twitter mencatat penampakan pesawat aneh di langit Eropa, seperti di Jerman dan Inggris. Aneh karena perjalanan pesawat itu tidak terdaftar dan berjenis khusus yang hanya dimiliki presiden AS."Setengah jam lalu saya melacak pesawat yang tidak dikenal dengan nomor RCH358 (AE47C4). Konfirmasi visual menunjukkan itu adalah satu dari hanya dua VC-25A di dunia. Mungkin Trump mengunjungi tentara dan menutupinya dengan menggunakan kode penerbangan kargo RCH?" kata pengguna akun Twitter @ETEJSpotter, seperti dikutip dari Washington Post.Hanya ada dua Boeing VC-25A militer, dan keduanya adalah Air Force One, pesawat kepresidenan AS.

ETEJSpotter mencatat pesawat itu melintasi Yorkshire, Inggris.Netizen lainnya berhasil mencatat pesawat dengan nomor tersebut terbang dari Pangkalan Udara Gabungan Andrews di Maryland, AS, dan terbang melintasi Inggris.WikiLeaks juga ambil bagian dari pengungkapan ini. Menurut WikiLeaks, pesawat itu kemudian melintasi Hungaria dan mengarah ke Turki.

Hal ini memicu spekulasi bahwa Trump akan mengunjungi Afghanistan atau ke Istanbul atau Ankara untuk bertemu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.Media dan Twitter lantas memberitakan penampakan Air Force One ini. Setelah ramai diberitakan, menurut WikiLeaks, pesawat tersebut mematikan transponder di atas udara Rumania. Barulah setelah Trump tiba di Irak dan menyapa para tentara AS kunjungan itu diberitakan.

Ternyata benar, yang dilihat netizen adalah Air Force One.Kunjungan Presiden AS ke daerah konflik memang biasanya diam-diam dan jarang terdeteksi. Seperti kunjungan Presiden George W. Bush ke Irak pada 2003 silam, penerbangannya terlihat oleh seorang pilot di pesawat British Airways."Apakah saya melihat Air Force One?" kata pilot itu kepada menara pengawas. Menara pengawas juga tidak tahu pesawat apa itu, dia mengatakan itu Gulfstream 5.

Tapi rahasia kunjungan rahasia Trump tidak hanya terdeteksi dari penampakan pesawat. Ada beberapa kejanggalan yang ditemukan media. Di antaranya adalah tidak adanya staf di Gedung Putih, tidak ada rilis jadwal Trump, hingga tak adanya marinir yang biasanya berjaga di gerbang Gedung Putih.Namun yang paling kentara adalah, Trump tidak nge-tweet selama 20 jam terakhir sebelum dia tiba di Irak. Padahal Trump rajin bercuit. Dalam tiga hari terakhir saja, dia sudah menelurkan 12 tweet.

Editor: Teguh Yoga P

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Kunjungan Presiden AS Ke Daerah Konflik Memang Biasanya Diam-Diam Dan Jarang Terdeteksi."