banner 468x60

Hatib Hajan Sawadjaan, Pemimpin Kelompok Abu Sayyaf (ASG), Telah Disebut Sebagai “Dalang” Dan “Penyedia Dana” Pengeboman Di Katedral

banner 160x600
banner 468x60

KABAR21NEWS,  -Paolisi Filipina (PNP) telah merilis nama yang diduga kuat dalang utama di balik teror bom ganda katedral di Jolo, Provinsi Sulu, Filipina Selatan, pada 27 Januari 2019.

Hatib Hajan Sawadjaan, pemimpin Kelompok Abu Sayyaf (ASG), telah disebut sebagai "dalang" dan "penyedia dana" pengeboman di Katedral Our Lady of Mount Carmel--menewaskan 23 orang dan melukai lebih dari 100 lainnya--kata PNP. "Dia yang mendanai ini," kata Direktur Jenderal PNP Oscar Albayalde pada Senin, 3 Februari 2019, seperti dikutip dari Rappler Philippines, Selasa (5/2/2019). Akan tetapi, Albayalde menambahkan bahwa Sawadjaan dan belasan tersangka lain masih buron. "Empat belas lebih tersangka masih bebas, termasuk dalangnya, (Hatib Hajan) Sawadjaan. Sementara tiga lainnya, termasuk dua pengebom bunuh diri dari Asia telah terbunuh," lanjutnya.

Albayalde membuat pernyataan itu sesaat setelah mengumumkan penyerahan diri Alias Kamah dan empat tersangka lain kepada aparat. Mereka diduga kuat memiliki keterkaitan dengan teror bom Jolo.

Aparat meyakini bahwa Alias Kamah dan empat tersangka yang menyerah, memiliki koneksi dengan Sawadjaan.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Filipina Eduardo Ano telah menuding Alias Kamah berperan "mengawasi" dua orang yang diduga menjadi bomber bunuh diri di Katedral Our Lady of Mount Carmel saat hari kejadian.

Ano juga menuding bahwa dua bomber itu "adalah orang Indonesia". Tapi, berbagai pejabat tinggi pemerintahan Indonesia menegaskan, masih terlalu dini untuk mencapai kesimpulan yang sama dengan Menteri Ano.

Senada, otoritas penegak hukum Filipina untuk sementara masih melabeli kedua pengebom itu dengan identifikasi "dua orang pasangan dari Asia" tanpa mereferensi kewarganegaraan mereka.

Selain itu, muncul juga berbagai laporan yang bertentangan terkait jenis pengeboman di Jolo. Beberapa aparat Filipina meyakini bahwa jenis pengeboman tidak sepenuhnya "bom bunuh diri" dan pelaku kemungkinan turut menggunakan "bom improvisasi yang diledakkan dari jauh".

Editor: Ahmad Basri

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Hatib Hajan Sawadjaan, Pemimpin Kelompok Abu Sayyaf (ASG), Telah Disebut Sebagai “Dalang” Dan “Penyedia Dana” Pengeboman Di Katedral"