banner 468x60

Bukti Baru Rekaman Terbunuhnya Wartawan Khashoggi Dikonsulat Saudi, Turki

banner 160x600
banner 468x60

AKURAT.CO, Otoritas Turki mengaku memiliki rekaman audio yang mengindikasikan bahwa jurnalis Arab Saudi yang hilang, Jamal Khashoggi, tewas di konsulat Saudi di Istanbul. Demikian disampaikan seorang pejabat Turki yang tidak mau disebutkan namanya.

 

Pejabat itu menegaskan bahwa sumber rekaman suara itu berasal dari sumber bukan Apple Watch yang selama ini ramai dispekulasikan. Rekaman ini didapatkan dari sumber lain. Jika benar rekaman ini ada, akan menjadi bukti baru soal keberadaan Khashoggi.

 

Sebelumnya, berbagai pihak memperbincangkan seputar rekaman suara dari Apple Watch yang dianggap sebagai satu-satunya bukti bahwa terbunuhnya Khashoggi.

 

Pejabat itu mengatakan bahwa rekaman suara yang menunjukkan bahwa terbunuhnya Khashoggi itu telah dibagikan ke sejumlah negara, termasuk Saudi dan Amerika Serikat.

 

"Bukti telah dikirimkan ke semua pihak dengan sangat jelas. Sekarang kita sedang mengumpulkan bukti konkret di konsulat," kata sumber informasi ini.

 

Dikatakan bahwa rekaman suara itu berdurasi 11 menit. Berdasarkan hasil analisis suara teknis, polisi menyimpulkan ada tiga suara laki-laki dalam rekaman tersebut. Ketiga laki-laki itu diyakini sebagai pejabat di konsulat Saudi.

 

Di samping itu, dalam rekaman tersebut juga ada suara Khashoggi. Berdasarakan analisis rekaman, diperkirkan Khashoggi diserang seaat setelah ia memasuki kantor konsulat. Demikian dilansir Al Jazeera pada Senin (15/10).

 

Selain itu, bukti menunjukkan bahwa pada hari hilangnya Khashoggi, sejumlah staf konsulat telah dipulangkan lebih awal dari jam kerja resmi dengan alasan akan ada rapat.

 

Terkait dengan bukti baru ini, kedutaan Saudi di Ankara enggan untuk menanggapi. Pihak kerajaan Saudi sendiri tetap membantah tuduhan telah membunuh Khashoggi.

 

Menteri dalam negeri Saudi menyatakan tuduhan itu sebuah "kebohongan". Saudi berdalih Khashoggi telah keluar dari kantor konsulat, sementara berbagai spekulasi menyatakan kemungkinan dia dibunuh di dalam konsulat Saudi di Turki.

Editor: Roni Kristiawan.

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Bukti Baru Rekaman Terbunuhnya Wartawan Khashoggi Dikonsulat Saudi, Turki"