banner 468x60

Bendungan Tigris Surut, Menyingkap Keberadaan Sebuah Desa Dan Sebuah Makam Kuno Yang Diyakini Milik Nabi Ilyasa

banner 160x600
banner 468x60

KABAR21NEWS,Turki -Surutnya permukaan air di Bendungan Tigris di Diyarbakır tenggara Turki telah menyingkap keberadaan sebuah desa dan sebuah makam kuno yang diyakini milik Nabi Ilyasa’.

Salah satu lubang bendungan Tigris (Dicle di Turki), yang dibangun di distrik Eil untuk mengendalikan ketinggian air, pecah Kamis lalu (13/12) karena hujan lebat.

Permukaan air menurun sekitar 10 meter (32 kaki) dan mengungkapkan sisa-sisa lingkungan Çakırören, termasuk makam Elisa (Ilyasa) – salah satu dari 25 nabi yang disebutkan dalam Al-Quran.

Makam itu dipindahkan ke Bukit Ziyaret di Diyarbakar dan situs aslinya terendam air.Sisa-sisa rumah, masjid, seminari, dan kuburan juga ditemukan.Mantan penduduk di lingkungan tersebut melihat rumah-rumah tua mereka dan mengunjungi kuburan kerabat mereka.

Lubang palka yang rusak diganti dengan yang baru pada hari Selasa, mengurangi risiko banjir bagi penduduk lokal yang tinggal di permukiman dekat Sungai Tigris. Bendungan yang selesai pada tahun 1997 menyediakan air bagi hampir 930.000 penduduk Diyarbakir, kota terbesar di Turki tenggara.

Nabi Elisa diakui sebagai manusia suci oleh orang Yahudi, Kristen, dan Muslim. Namanya disebutkan dalam Taurat, Alkitab dan Al-Quran.

Editor: Arya Dwi Pangga

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Bendungan Tigris Surut, Menyingkap Keberadaan Sebuah Desa Dan Sebuah Makam Kuno Yang Diyakini Milik Nabi Ilyasa"