banner 468x60

300.000 Warga Suriah Telah Kembali Ke Negaranya Setelah Dua Operasi Militer Turki di Suriah Utara.

banner 160x600
banner 468x60

KABAR21NEWS, Suriah, -Sekitar 300.000 warga Suriah telah kembali ke negaranya setelah dua operasi militer Turki di Suriah utara. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Turki Suleyman Soylu menjelaskan hal itu pada Sabtu (22/12). Turki telah menggelar dua operasi militer yang disebut “Tameng Eufrat” dan “Ranting Zaitun” untuk melawan milisi Kurdi YPG dan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Suriah utara.

Turki menganggap YPG sebagai organisasi teroris. YPG merupakan aliansi Amerika Serikat (AS) dalam memerangi ISIS di Suriah.

Turki menampung lebih dari 3,5 juta pengungsi Suriah yang lari dari konflik di negara asalnya. Sebagian warga Turki menanggap mereka sebagai beban ekonomi dan mengancam lapangan kerja.

“Jumlah warga Suriah yang kembali ke negaranya setelah operasi Tameng Eufrat dan Ranting Zaitun sekitar 291.790,” ungkap Soylu dikutip kantor berita Anadolu.

Militer Turki masuk ke wilayah barat laut Suriah dalam dua operasi militer yang menciptakan zona penyangga. Tameng Eufrat pada 2016 bertujuan mengusir ISIS dari wilayah sepanjang perbatasan. Ranting Zaitun yang digelar di dekat wilayah Afrin merebut kawasan itu dari tangan pasukan Kurdi Suriah pada musim semi tahun ini.

Soylu menyatakan lebih dari 250.000 migran ilegal tercatat di Turki pada 2018 tanpa diketahui dengan jelas kewarganegaraannya. Jumlah tersebut naik lebih dari 50 persen dari tahun sebelumnya.

Dia menjelaskan, upaya pasukan keamanan, penjaga perbatasan, dan kepolisian Turki telah mengurangi migrasi ilegal ke negara-negara di Eropa Barat. Turki menjadi salah satu negara utama yang dilalui sejuta migran dari Timur Tengah dan Afrika yang ingin ke wilayah Uni Eropa pada 2015.

Gelombang masuk migran itu berkurang drastis dengan kesepakatan 2016 antara Turki dan Uni Eropa untuk menutup rute itu setelah ratusan orang tewas saat melintasi laut ke kepulauan Yunani.

Editor: Deni Pratama

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "300.000 Warga Suriah Telah Kembali Ke Negaranya Setelah Dua Operasi Militer Turki di Suriah Utara."